Sabtu, 06 April 2019

Manfaat Air Kelapa

DOKTEKESEHATAN  - Air kelapa adalah salah satu minuman yang sangat di gemari oleh orang indonesia. Selain rasanya enak dan menyegarkan. Ternyata memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk tubuh kita.
dibawah ini adalah manfaat dari air kelapa muda:
1. Menurunkan berat badan
Air kelapa hijau memiliki kandungan lemak, kadar gula, dan kalori yang sangat rendah. Menggunaan air kelapa hijau sebagai obat penurun berat badan tidak menimbulkan efek samping. Jadi, lebih baik mengkonsumsi air kelapa hijau dari pada harus membeli obat obatan kimia untuk mendapatkan berat badan ideal

2. Menetralisir racun di tubuh
Kandungan Tanin dan antidotum (anti racun) yang terdapat pada air kelapa hijau sangatlah tinggi. Air kelapa hijau juga mengandung enzim yang dapat mengurai sifat racun dalam tubuh.

3. Menghilangkan dehidrasi
Air kelapa hijau memiliki banyak kesamaan dengan cairan yang berada di dalam tubuh kita. Selain itu kandungan elektrolit dalam air kelapa hijau sangatlah tinggi. Air kelapa hijau yang memiliki kandungan elektrolit yang sangat tinggi dapat menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh kita ketika kita sedang beraktivitas. Kandungan lain yang terdapat dalam air kelapa hijau adalah potasium yang berguna untuk menjaga tekanan air dalam sel dan di dalam darah. Selain itu, air kelapa hijau sangat mudah diserap tubuh. Hal itulah yang menjadi alesan mengapa air kelapa hijau dapat menghilangkan dehidrasi dalam tubuh.

4. Menjaga kesehatan jantung
Banyaknya vitamin dan kandungan yang berguna untuk tubuh yang terdapat dalam air kelapa hijau ternyata juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan jantung.

5. Menjaga kesehatan ginjal
Ginjal merupakan organ yang sangat penting bagi tubuh kita. Dengan mengkonsumsi air kelapa hijau secara rutin, maka kita dapat menjaga kesehatan pada ginjal.

6. Anti penyakit untuk ibu hamil dan janin
Air kelapa hijau mengandung senyawa asam laurat, senyawa ini dapat membantu melawan berbagai penyakit. Asam laurat ini juga ditemukan dalam asi dan memiliki kesamaan karakteristik untuk antijamur, anti bakteri, dan anti virus. Sehingga air kelapa hiaju ini baik untuk ibu hamil dan janin

7. Meningkatkan vitalitas para pria
Kebanyakan pria saat ini mengkonsumsi rokok yang berlebihan. Kandungan nikotin pada rokok dapat menyebabkan vitalitas pada pria menurun. Ternyata mengkonsumsi air kelapa hijau secara rutin juga dapat mengurangi kandungan nikotin dalam tubuh yang menganggu tingkat kesuburan pada pria.

8. Kulit menjadi mulus
Kecantikan kulit adalah hal yang sangat diidam idamkan oleh setiap wanita. Senyawa yang terdapat dalam air kelapa bermanfaat untuk membentuk jaringan kolagen pada kulit.

9. Obat untuk penyakit demam
Banyaknya zat yang terdapat pada air kelapa juga dapat membantu menurunkan panas demam. Air kelapa hijau dapat digunakan sebagai obat pertolongan pertama, yaitu dengan cara campurkan segelas air kelapa hijau dengan satu sendok makan madu kedalam air hangat lalu diminumkan kepada penderita deman.


Manfaat air kelapa tua :

1. Penyakit usus
salah satu cara untuk mencegah penyakit usus adalah dengan rutin meminum air kelapa tua sehari-hari. Karena usus halus sangat sensitif dan rentan terhadap berbagai penyakit yang dapat menyerang.

2. Campak
Campak dapat diobati dengan air kelapa muda dengan meminum air kelapa muda sebanyak dua kali dalam sehari. Air kelapa muda dapat membantu mengeringkan campak dan memberikan proses penyembuhan bagi penyakit ini. Ciri-ciri dari penyakit campak adalah bulatan merah-merah yang tumbuh hampir di seluruh tubuh dan demam tinggi yang penderita derita.

3. Menghilangkan jerawat
Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang banyak terjadi pada usia remaja. Jerawat disebabkan oleh produksi kelenjar minyak yang berlebih pada wajah dan terkontaminasi dengan debu hingga timbullah jerawat. Jerawat memang dapat hilang sendiri saat kadar hormon mulai stabil. Namun langkah untuk penyembuhan juga diperlukan jika kondisi jerawat sangatlah parah. Minum air kelapa dapat membantu menghilangkan jerawat dan juga menyamarkan noda hitam bekas jerawat anda secara alami. Apalagi air kelapa tua juga memiliki rasa yang enak dan lezat.

4. Dehidrasi
Banyaknya anda beraktifitas dapat membuat anda kehilangan banyak cairan tubuh. Sebagai salah satu pengganti cairan tubuh yang hilang secara alami adalah dengan minum air kelapa. Jadi untuk mengatasi rasa haus tidak hnaya memerlukan air putih saja namun juga dapat menggunakan air kelapa. Karena air kelapa tua mengansung karbonhidrat yang dapat digunakan sebagai penambah energi dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

5. Kolera
Penyakit kolera merupakan penyakit yang berhubungan dengan kulit. Penyakit ini mudah sekali menular saat bersentuhan atau juga melalui pakaian. Kolera mulanya berukuran kecil dan dapat merubah menjadi besar secara perlahan-lahan jika dibiarkan begitu saja. Penyakit kolera ini disebabkan oleh mengkonsumsi makanan yang telah terjankgkiti bakteri vibrio cholerae yang menyebabkan kolera. Untuk mengatasi kolera cobalah untuk rutin mengkonsumsi air kelapa muda sebagai minuman anda.

6. Menlancarkan pencernaan
Pencernaan yang sehat ditandai dengan lancarnya proses pembuangan air besar dari dalam tubuh. Sistem pencernaan dapat terganggu saat tubuh kekurangan asupan serat dari luar tubuh. Serat banyak terdapat pada buah dan sayuran. Dan serat juga ada pada air kelapa tua yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan sehingga tubuh menjadi sehat dan fit selalu.

Baca Juga : 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar