Kamis, 04 April 2019

Manfaat Buah Kecapi


DOKTEKESEHATAN -  Buah Kecapi mengandung banyak sekali nutrisi mulai dari air, vitamin C, serat, karbohidrat dan sejumlah mineral ( seperti kalsium, zat bersi, kalium serta fosfor).
Buah ini sering dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit serta merawat kecantikan kulit. Dibawah ini manfaat dari Buah Kecapi :
1. Menurunkan Kolesterol
Penumpukan kolesterol dalam darah tidak hanya memicu obesitas, tetapi juga meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular misalnya saja jantung koroner.  Kondisi tersebut tentu saja harus dicegah, caranya dengan mengurangi konsumsi makanan berlemak. Selain itu, Kamu juga bisa mencoba mengonsumsi buah kecapi. Menurut penelitian medis, buah ini memiliki kandungan senyawa aktif yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Kandungan tersebut adalah pektin dan juga serat.

2. Mengatasi Kanker
Kanker adalah penyakit yang cukup mengerikan. Umumnya gejala penyakit ini tidak muncul pada tahap dini, namun tiba-tiba tampak saat memasuki stadium menengah. Itulah mengapa kanker disebut-sebut sebagai penyakit mematikan yang susah disembuhkan.

Untuk mencegah kanker kita harus bisa menerapkan gaya hidup sehat. Rajin berolahraga dan memperbanyak konsumsi buah-buahan, salah satunya buah kecapi. Disebutkan dalam sebuah jurnal sains bahwa mengonsumsi buah kecapi dapat melawan kehadiran penyakit kanker. Selain itu, buah ini juga mampu membunuh perkembangan sel yang abnormal, misalnya saja Leukimia.

3. Mengatasi Sistem Imun Tubuh
Di dunia ini, tidak ada seorang pun yang menginginkan sakit. Semua orang pasti berharap tetap sehat dan bugar. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan? Yakni dengan memperbanyak konsumsi makanan yang meningkatkan sistem imun, misalnya buah kecapi. Buah kecapi ini tidak hanya meningkatkan kekebalan tubuh, kandungan serat di dalamnya juga merangsang perkembangan bakteri baik dalam usus, sehingga kesehatan pencernaan pun dapat terjaga baik.

4. Mengobati Alergi
Pada umumnya, reaksi alergi dipicu oleh beberapa faktor seperti makanan, kosmetik, debu, sinar matahari dan sebagainya. Untuk menyembuhkan alergi ini memang tidaklah mudah. Namun bukan berarti tidak ada solusinya.

Kamu bisa memanfaatkan buah kecapi sebagai obat penyembuh alergi. Menurut sebuah studi, buah ini memiliki kandungan senyawa asam yang dapat mencegah sekaligus menyembuhkan alergi pada kulit. Dengan rutin mengonsumsinya, tubuh akan sehat kembali dan terbebas dari ruam-ruam merah akibat alergi.

5. Melindungi Kesehatan Mulut
Mulut merupakan bagian penting dari tubuh yang harus dilindungi kesehatannya. Salah satu cara agar mulut terhindar dari gangguan bakteri adalah dengan rajin menggosok gigi (minimal dua kali dalam sehari). Selain itu, mengonsumsi buah kecapi juga bisa dijadikan alternatif dalam menjaga kesehatan mulut. Buah ini diklaim dapat merangsang produksi air liur lebih banyak sehingga perkembangan bakteri pun dapat dicegah. Dengan begitu, risiko kerusakan gigi dan gangguan mulut dapat terhindarkan.

6. Untuk penderita diabetes
Pola makan penderita diabetes harus dijaga, biasanya mereka dilarang untuk mengonsumsi makanan tinggi gula. Nah, buah kecapi ini walaupun rasanya manis tapi aman dikonsumsi oleh penderita diebetik. Hal ini dikarenakan indeks glikemik pada buah kecapi terbilang rendah dengan kandungan serat tinggi. Dengan demikian, buah ini dapat memperlambat penyerapan gula dalam darah serta menjaga kestabilannya.

7. Mengatasi Sembelit
Sembelit adalah salah satu gangguan yang sering diderita oleh banyak orang. Umumnya kondisi ini ditandai dengan jadwal BAB (buang air besar) yang tidak teratur. Well, sekilas gangguan sembelit ini memang tampak ringan. Namun jika dibiarkan saja bisa memicu rasa perih, peradangan dan gangguan pada usus besar.

Maka itu Kamu harus menjaga pola makanmu dengan benar. Perbanyaklah mengonsumsi makanan berserat, contohnya saja buah kecapi. Dengan mengonsumsi buah kecapi, tekstur tinja akan menjadi lebih lembut dan proses buang air besar pun cenderung lancar.

8. Mencegah Obesitas
Selain mengurangi rasa percaya diri, kondisi gemuk berlebihan (obesitas) juga dapat memicu beragam penyakit serius, seperti hipertensi, jantung koroner dan diabetes. Di samping itu, seseorang yang menderita obesitas juga cenderung mengalami gangguan tidur.

Untuk mencegah terjadinya obesitas tentunya Kita harus pandai mengatur pola makan. Daripada mengonsumsi makanan tinggi lemak, lebih baik kita memperbanyak konsumsi makanan berserat seperti buah kecapi. Buah ini dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama sehingga aktivitas ngemil dapat dikurangi.

9. Mencegah Osteoporosis
Gangguan tulang yang satu ini umumnya diderita oleh orang-orang yang berusia di atas 50 tahun, dimana penyebabnya adalah pola hidup yang tidak sehat. Nah, untuk mencegah hal tersebut Kamu bisa mengonsumsi makanan tinggi kalsium, seperti buah kecapi. Buah ini dapat menjaga kepadatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis. Selain itu, buah yang juga mengandung fosfor ini turut membantu mempertahankan kesehatan enamel gigi.

10. Mencegah Alzheimer
Guys, buah kecapi ternyata juga baik untuk menjaga kesehatan syaraf loh! Buah ini memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat melancarkan peredaran darah serta mengoptimalkan kinerja otak. Dengan mengonsumsi buah kecapi, kemampuan daya ingat akan terjaga dan Kamu dapat terhindar penyakit alzheimer atau yang lebih umum dikenal sebagai pikun.

Perlu kalian tahu bahwa alzheimer tidak hanya diderita orang-orang lanjut usia saja. Pola hidup yang buruk pun juga memungkinkan seseorang mengidap alzheimer di usia muda. Maka itu, perbanyaklah mengonsumsi buah-buahan ya!

11. Mencerahkan Kulit
Inilah yang paling ditunggu-tunggu oleh para perempuan. Ya, buah kecapi ternyata juga ampuh dalam mencerahkan kulit. Tanpa perlu mengolesi kulitmu dengan serum vitamin C ataupun krim-krim pemutih, Kamu bisa memperoleh wajah cerah sehat dengan mengonsumsi buah kecapi.

Buah kecapi memberikan nutrisi vitamin C dari dalam yang nantinya akan membuat kulitmu tampak lebih bersih, cerah dan tentunya sehat. Keuntungan lainnya buah ini juga bisa menghilangkan penyakit kulit, misalnya kudis dan kurap.

12. Menjaga kekenyalam kulit
Selain membantu proses pencerahan, buah kecapi juga berguna dalam menjaga keelastisan kulit. Kandungan vitamin C yang tinggi dapat merangsang pembentukan kolagen, sehingga kondisi jaringan kulit yang kendur pun bisa diperbaiki menjadi lebih kencang dan kenyal. Untuk pemakaiannya tidak susah kok! Cukup mengonsumsinya secara langsung maka Kamu akan memperoleh kulit yang tampak awet muda dan sehat,

13. Menghabat Proses Penuaan
Di samping memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, buah kecapi juga menyimpan segudang khasiat bagi kecantikan kulit. Buah yang kaya vitamin C ini mampu mencerahkan kulit, menjaga kekenyalannya serta menunda proses penuaan. Dengan mengonsumsi buah kecapi, kemunculan keriput, garis halus dan kulit kering bisa dicegah. Buah ini dapat mengoptimalkan proses regenerasi sel-sel kulit sehingga kulit terlihat lebih muda.

14. Membantu Menurunkan Demam
Pada umumnya, demam dapat disembuhkan dengan obat-obatan medis semisal paracetamol. Obat tersebut memang tak berbahaya, namun bila Kita mengonsumsinya secara berlebihan dan terus-menerus, bukan tak mungkin kekebalan tubuh akan menurun. Maka itu berusahalah mengurangi pemakaian obat-obatan kimia.

Salah satu cara tradisional yang dapat dicoba untuk menyembuhkan demam adalah memanfaatkan buah kecapi. Mengonsumsi buah ini akan merangsang keluarnya keringat lebih banyak, dengan demikian suhu tubuh bisa turun secara perlahan.

15. Mengatasi Jamur Pada Kulit
Mikroorganisme yang satu ini walaupun kecil sangat mengerikan. Apabila jamur sudah mengenai tubuh manusia, efeknya area kulit yang terinfeksi akan menjadi merah dan gatal-gatal. Bahkan, dalam kondisi lebih lanjut akan sulit disembuhkan. Nah, buah kecapi ini dipercaya dapat menghilangkan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur, misalnya saja panu, candida, Tinea capitis, dan sejenisnya. Kamu bisa mengonsumsi buah ini dalam keadaan segar atau mengoleskannya pada bagian yang terinfeksi jamur.

Baca Juga : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar